Pages

Software RAB Rumah Sederhana

on Tuesday, November 19, 2013
Software RAB - Rumah merupakan kebutuhan setiap orang. Ketika seseorang menemukan pasangan hidup dan memulai hidup berumah tangga sudah pasti kata-kata rumah sudah mulai tertanam dalam fikiran. Entah itu fikiran memiliki, sewa kontrak, ikut orang tua, dan sebagainya. Yang jelas rumah pasti menjadi bahan pembicaraan setiap orang yang berumah tangga. Kenapa demikian? Sebab rumah merupakan kebutuhan pokok manusia setelah sandang dan pangan.

Ketika orang-orang mulai berfikir dan mulai merencanakan akan membangun sebuah rumah, maka yang pertama kali mereka cari adalah standard harga per m2. Orang awam dalam hal menghitung biaya bangunan mungkin akan menanyakan informasi tersebut kepada teman-teman sekerja, ke tetangga, atau ke orang yang biasa mengerjakan bangunan.

Di lingkungan perumahan di daerah perkotaan, misalnya di perumahan KPR-BTN, para pemilik rumah biasa merenovasi atau membangun menggunakan orang-orang pekerja bangunan dengan cara kerja harian, kerja borong tenaga, dan ada juga yang tidak mau pusing yaitu dengan cara borong tenaga dan bahan. Sepertinya di lingkungan perumahan BTN jarang sekali yang menggunakan jasa kontraktor.

Mengetahui anggaran biaya membangun rumah sangat penting walaupun hanya sekedar mengestimasi harga kasar. Jika kita mengetahui perkiraan biaya (RAB), maka kita dapat mengevaluasi ketersediaan dana jika kita akan merencanakan membangun atau merenovasi rumah baik dengan cara kerja harian, kerja borong tenaga, atau kerja borong tenaga dan upah. Untuk dapat menghitungnya kita dapat menggunakan alat bantu hitung RAB yaitu Software RAB.

Software RAB adalah alat bantu untuk mengestimasi biaya membangun rumah sederhana yang dibuat oleh Endang Kusman (saya). Anda dapat menggunakannya tidak begitu sulit, asalkan dapat menggunakan program Excel. Software RAB tersebut saya buat dengan program Excel berdasarkan Analisa Harga Satuan yang berlaku. Software RAB tersebut bisa Anda dapatkan pada  website saya : software-rab.desainrumahsederhana.com. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi website tersebut.

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

Post a Comment

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot