Pages

Merencanakan Ruangan sebelum Membangun Rumah

on Wednesday, April 17, 2013

Membangun Rumah Ideal
Merencanakan kebutuhan ruangan sebelum membangun rumah itu sangat penting agar rumah yang kita bangun memenuhi dan sesuai dengan kebutuhan, serta rumah kita juga harus memenuhi kriteria rumah sehat dan ideal.

Rumah dikatakan sehat apabila memiliki ruang terbuka hijau yang memadai, dan dikatakan ideal jika ruangan yang ada dapat memenuhi kebutuhan penghuninya untuk berbagai kepentingan.

Bagi Anda yang memiliki cukup biaya serta memiliki lahan cukup luas, Anda dapat merencanakan rumah sehat dan ideal dengan memiliki ruangan sesuai kebutuhan. Ruangan-ruangan yang diperlukan dalam sebuah rumah yang perlu direncanakan, sebagai berikut :
  1. Ruang Tidur :  ruang tidur sangat penting dan perlu dimiliki oleh setiap penghuni rumah adalah ruang tidur. Sangat ideal jika setiap anggota keluarga masing-masing memiliki ruang tidur berikut kamar mandi/wc. 
  2. Ruang keluarga : adalah ruang publik tempat dimana semua anggota keluarga dapat berkumpul. Ruang keluarga cukup satu dengan luas yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Ruang keluarga semakin luas semakin baik, sehingga apabila ada acara-acara pertemuan keluarga atau pertemuan lainnya dapat menggunakan ruangan tersebut.
  3. Ruang tamu : ruang tamu yang terpisah akan lebih baik daripada yang bersatu dengan ruang keluarga, sehingga jika ada tamu yang berkunjung tidak mengganggu anggota keluarga yang lain.
  4. Ruang makan : ruang makan cukup satu dan sebaiknya ditempatkan berdekatan dengan dapur. Di ruang makan kembali anggota keluarga berkumpul untuk makan bersama.
  5. Dapur : adalah ruangan yang memegag peranan sangat penting untuk melakukan penyediaan hidangan keluarga. Memperlakukan kenyamanan dapur harus diutamakan seperti ruang lainnya, terutama penerangan alami dan ventilasi.
  6. Kamar mandi/WC : sebaiknya setiap kamar tidur dilengkapi kamar mandi/wc, atau minimum 2 kamar tidur 1 kamar mandi/wc. Keudian ada kamar mandi/wc untuk digunakan umum (darurat), misalnya kalau ada tamu atau pembantu rumah tangga.
  7. Serambi : adalah tempat relax/santai bisa dibuat serambi depan dan serambi belakang. Serambi sebaiknya menghadap ruang terbuka hijau/taman yang dapat memberikan kesan betah jika relax duduk bersantai.
  8. Ruang cuci/jamur : ini penting sekali untuk diperhatikan, dengan memiliki ruang cuci/jemur pakaian yang khusus.. rumah akan rapi tidak terkesan kumuh.
  9. Garasi kendaraan : penting dibuat sesuai jumlah dan jenis kendaraan, baik roda empat atau roda dua.

Itulah ruangan-ruangan yang perlu direncanakan dengan cermat, baik luas maupun jumlahnya, dan tentunya sesuai pula dengan anggaran yang tersedia.

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

Post a Comment

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot