Pages

Desain Rumah Minimalis KPR-BTN Type 21/60

on Sunday, February 3, 2013
Dengan memiliki Rumah Sederhana KPR-BTN  kecil type 21 di atas lahan sempit hanya 60 m2 kita akan nyaman dan enjoy tinggal selamanya di rumah tersebut jika kita pandai dan cerdik mengaturnya. Lahan sempit bukan penghalang untuk dijadikan tempat berdiri rumah yang dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Desain Rumah Minimalis KPR-BTN Type 21/60
Kelebihan dari perumahan KPR-BTN type kecil adalah lingkungan masyarakatnya yang membuat kita betah dan kerasan tinggal di sana. Masyarakat perumahan sederhana pada umumnya memiliki rasa persatuan dan rasa kebersamaan yang baik jika dibandingkan dengan di lingkungan perumahan elit yang cenderung hidup sendiri-sendiri.

Oleh karena lingkungan masyarakatnya sudah baik, lingkungan fisiknya sudah tertata rapi, jadi tidak ada alasan untuk tidak kerasan tinggal di sana. Hanya satu lagi yang perlu kita tata adalah kebutuhan ruangan minimal yang memadai perlu kita upayakan. Juga penataan tata ruang serta memodifikasi tampilan rumah agar kita lebih nyaman dan betah menghuni rumah kita.

Gambar di atas adalah contoh redesain atau desain ulang rumah KPR-BTN Type 21/60 2 lantai..dengan penataan ruangan yang apik, memenuhi standar kebutuhan ruang tidur minimal (3 bh kamar tidur dengan ukuran masing-masing 3 x 3 m). Sebuah garasi mobil, 2 buah ruang keluarga di lantai 1 dan lantai 2, 2 bh kamar mandi/wc di lantai 1 dan 2. Untuk ruang cuci jemur disediakan di lantai 2 dengan ukuran 3 x 2.5 m, sekaligus berfungsi untuk penerangan dan ventilasi dapur. Di atas ruang tangga beratapkan plat beton dengan ketinggian 7 m dari lantai 1 yang dilengkapi ventilasi udara dan kaca penerangan dengan menggunakan kusen aluminium.

Untuk desain atap rumah di atas, saya menerapkan konsep desain atap minimalis dengan memperkecil luasan bidang atap genting diganti dengan atap plat lantai beton bertulang kedap air. Rasio perbandingan luas atap genting dengan atap plat beton sekitar 1 : 1, dimana 50%  tutup atap menggunakan tutup atap metal berlapis pasir dengan rangka atap baja ringan, dan 50% lagi atap plat lantai beton bertulang kedap air. Dengan desain seperti atap tersebut, saya menjamin atap tidak akan bocor dan dijamin tidak ada rembesan air di tembok yang berbatasan dengan tetangga. Perawatan model atap rumah di atas sangat mudah. Tidak ada talang yang menggunakan seng atau bahan plastik yang kerap kali selalu menjadi sumber masalah, semua talang atap sudah terkaper oleh atap plat beton.

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

Post a Comment

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot